Sabtu, 28 Mei 2011

Otak kanan-kiri


weehhh... ketemu lagi guys ! what's up? moga fine-fine aja yah :). bey de wey eniwey baswey, gak ada yang nanyain kabar gw nih?? ya udahlah gw jawab sendiri aja, Alhamdulillah baek. oya hampir lupa, kita lanjutin ceritanya yang tempo hari bersambung (Artikel, Red).
pada abad ke-19, telah dilakukan penelitian terhadap orang-orang yang mengalami luka pada otaknya. hasil penelitian ini menunjukan adanya dugaan bahwa "pusat bahasa" berada pada otak bagian kiri. hal ini diperkuat dengan pengamatan terhadap individu yang mengalami luka pada bagian-bagian tertentu di otak kiri, akan mengalami gangguan pada kemampuan berbicaranya.
pembuktian terakhir untuk ini, ditemukan dalam penelitian yang dilakukan oleh Roger Sperry dan koleganya pada tahun 1960. hasil dari penelitian ini, kemudian, mengantarkan Roger sperry mendapatkan hadiah nobel dalam bidang Fisiologi atau kedokteran pada tahun 1981. ia mendapatkan hadiah nobel atas penemuannya mengenai fungsi-fungsi dari belahan otak (cerebral hemispheres). dengan bantuan pasien-pasien yang disebutnya sebagai split brain, ia melanjutkan penelitiannya dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, pengetahuan tentang otak kanan-kiri dikemukakan.



Apakah yang bisa didapatkan dari penelitiannya tersebut?
penelitian tersebutmenunjukkan adanya perbedaan fungsi dan tugas antara otak kanan dan kiri.
Otak kiri memilki fungsi-funsi untuk verbal, pemahaman logis, faktual dan analisis. sementara itu, otak kanan memiliki fungsi yang berkaitan dengan persepsi ruang, musik, kreativitas dan emosi. otak kanan akan bekerja ketika kita membuat peta atau memberikan penunjuk arah. otak kanan hanya menghasilkan kata-kata yang belum sempurana, tetapi memberikan muatan emosi dalam bahas atau kalimatt yang disampaikan. tanpa bantuan otak kanan, kita akan mampu membaca "kucing" tetapi tidak mampu membayangkan seperti apakah bentuk dari "kucing" itu.
huuuaaahhh, akhirnya episod kali ini slese juga. itu tandanya kita harus berpisah lagi deh. N seperti biasa gw ucapin, SMOGA artikel yang gw tulis berguna bagi anda yang udah ngebaca di blog gw yang jarang diapdet. hahaha :D
oya ada pengumuman tentang apa yang barusan terjadi dalam diri gw, yaitu, GW BARU AJA KENA RAZIA RAMBUT !!! yup !! sumpah !!! ckckckckck :(
babay smua, mmmmmmuuuuuaaaaaccchhhhh :D beeeerrrr...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar