Senin, 30 Mei 2011

gempa haiti

Gempa bumi di Haiti merupakan bencana terparah yang pernah di hadapi PBB. Demikian jubir PBB. Dia menegaskan bahwa di wilayah yang dilanda bencana hampir semua infrastruktur musnah.
Menurut jubir, setelah tsunami di Asia tahun 2004, setidaknya gedung pemerintah masih berdiri. Pemerintah Haiti menduga korban tewas akibat gempa bisa mencapai 200 ribu orang. Sampai saat ini sudah 50 ribu mayat berhasil ditemukan.
Ketegangan di jalan-jalan ibukota Port-au-Prince meningkat. Menurut anggota tim penolong PBB banyak orang marah karena lambatnya bantuan. Warga Haiti yang sudah kecapekan sempat terlibat baku hantam untuk berebut barang bantuan yang tiba di di pusat kota.
Di Kota Port-au-Prince beredar desas-desus adanya sekelompok anak muda bersenjata yang melakukan penjarahan. Gudang PBB dirampok dan beberapa toko juga di jarah. Karena penjara hancur, banyak penjahat yang bebas berkeliaran di jalan-jalan.
Bosan melihat kehancuran dan ketakutan akan terjadinya kekerasan ribuan penduduk meninggalkan kota Port-au-Prince. Amerika Serikat sudah mengirimkan sekitar 10 ribu tentara ke Haiti. Selain membagikan bantuan mereka juga ditugasi untuk menjaga keamanan.

foto by:antara news
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar